HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN POLA ASUH DAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA BALITA DI PUSKESMAS KECAMATAN PADANG UTARA

  • Siska Helina Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Riau

Abstract

Kekurangan gizi pada anak balita dapat menimbulkan gangguan tumbuh kembang. Pada masa ini juga anak-anak masih tergantung pada pengasuhan dan perawatan dari orang tuanya. Status gizi anak balita merupakan salah satu indikator yang menggambarkan tingat kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan  profil Dinas Kota Padang Pada Tahun 2016, puskesmas kecamatan Padang Utara merupakan salah satu Puskesmas yang cakupan status gizi sangat kurus dan kurus yaitu sebanyak (24,67%). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dengan pola asuh dan sosial ekonomi keluarga balita di Puskesmas Kecamatan Padang Utara.

            Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh balita di kecamatan Padang Utara sebanyak 300 anak balita. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 45 anak balita. Data ini diperoleh dengan menggunakan angket pada responden yaitu orang tua yang memiliki anak balita.

Hasil penelitian menunjukan lebih dari separuh anak balita memiliki status gizi normal yaitu (73,3%), sebagian besar memiliki pola asuh yang baik yaitu sebanyak (82,2%) dan lebih dari separuh (57,8%) responden memiliki sosial ekonomi yang tinggi. Setelah dilakukan uji statistik Chi Square  disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara status gizi dengan pola asuh dan sosial ekonomi keluarga balita.

 Diharapkan kepada keluarga yang mempunyai anak balita yang berstatus gizi tidak normal perlu diberikan penyuluhan oleh petugas kesehatan tentang cara pemberian makanan, bimbingan tentang kebersihan diri anak serta untuk pemerintah khususnya puskesmas untuk memperhatikan gizi keluarga yang kurang mampu dan dapat memperbaiki status gizi anak balita.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-17
How to Cite
Helina, S. (2018). HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN POLA ASUH DAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA BALITA DI PUSKESMAS KECAMATAN PADANG UTARA. JURNAL IBU DAN ANAK, 1(2). https://doi.org/10.36929/jia.v1i2.3