HUBUNGAN PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) DENGAN HASIL EVALUASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN I DI POLTEKKES KEMENKES RIAU

  • Mardiah Mardiah Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Riau

Abstract

Metode pemberian tugas adalah suatu cara dalam proses belajar mengajar yang mana dosen memberikan tugas tertentu dan siswa mengerjakannya. Kemudian tugas tersebut dipertanggungjawabkan kepada dosen. Dalam hal pemberian tugas, secara umum semua dosen mata kuliah pada program studi DIII Kebidanan di Poltekkes Kemenkes Riau melakukan metode pemberian tugas.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan penerapan metode pemberian tugas dengan hasil evaluasi belajar mahasiswa pada mata kuliah asuhan kebidanan I di Poltekkes Kemenkes Riau.Metode penelitian ini non eksperimen dengan pendekatan  cross-sectional.  , dengan analisa data  secara  deskriptif dan analitik  menggunakan data primer melalui kuesioner dan data sekunder dari Kartu Hasil Studi (KHS). Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat II Jurusan kebidanan Poltekkes Kemenkes Riau yang terdiri dari dua kelas,  berjumlah 69 orang yang mana 34 orang untuk uji coba penelitian(uji validitas & reabilitas kuesioner) & 35 orang untuk penelitian. Pengolahan data dilakukan secara manual dan komputer menggunakan program SPSS for window versi 16. Analisis dalam penelitian ini berupa analisis univariat dan bivariat dengan uji statistik  Rank Spearman. Hasil Penelitian ini menunjukan penerapan metode pemberian tugas pada mata kuliah Asuhan kebidanan I dalam kategori baik yaitu 52 %. Adapun hasil evaluasi balajar dalam kategori baik 43 %. Berdasarkan korelasi Rank Spearman terdapat hubungan yang signifikan yaitu  r = 0,658, sedang hasil uji t hitung = 5,026 dan t tabel 1,692. Simpulan dari penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan metode pemberian tugas dengan hasil evaluasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Asuhan Kebidanan I di Poltekkes Kemenkes Riau.Dikarenakan tugas mempengaruhi hasil evaluasi belajar diharapkan mahasiswa menjadikan tugas sebagai motivasi untuk lebih meningkatkan hasil belajarnya dengan selalu mengerjakan tugas dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-17
How to Cite
MardiahM. (2018). HUBUNGAN PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) DENGAN HASIL EVALUASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN I DI POLTEKKES KEMENKES RIAU. JURNAL IBU DAN ANAK, 1(2). https://doi.org/10.36929/jia.v1i2.4