HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERNET DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT I KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES RIAU

  • Yan Sartika Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Riau
Keywords: Media Pembelajaran Internet, Motivasi Belajar

Abstract

Pengaruh internet dalam pendidikan memunculkan sejumlah sumber belajar yang tersedia bagi mahasiswa. Fenomena ini menunjukkan bahwa dosen bukan lagi satu-satunya sumber informasi. Maka suatu tipe pendidikan yang lebih luwes dibutuhkan bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri mereka sendiri secara maksimal dengan menggunakan semua sumber yang dapat mereka peroleh. Mereka juga memilih bagaimana belajar berarti mereka dapat merencanakan sendiri target belajarnya. Hal ini merupakan fakta bahwa mahasiswa mempunyai kontrol lebih besar atas cara mereka belajar.

Pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Sumber belajar yang dikembangkan saat ini telah memanfaatkan kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi, salah satunya adalah internet sebagai media pembelajaran.

Motivasi adalah suatu yang mendorong atau pendorong seorang bertingkahlaku untuk mencapa tujuan tertentu. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan media pembelajaran internet dengan motivasi belajar mahasiswa, karena akhir-akhir ini internet lebih digunakan sebagai media hiburan dan hanya sedikit mahasiswa yang menggunakan internet sebagai media pembelajaran. Jadi dengan adanya internet sebagai media pembelajaran apakah mahasiswa lebih termotivasi dalam hal belajar.

Penelitian ini menggunakan metode Expost Facto sampel diambil dengan Purposive Sampling, sampel berjumlah 43 orang sampel. Penelitian dilakukan pada tanggal 14-15 Februari 2016. Analisa data dilakukan dengan teknik kolerasi “r Product Moment”.

Hasil penelitian ini menunjukan r 0,503 dan N = 43 dan taraf signifikan (ts = 5%) = 0,304, maka diperoleh ro> r₁dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dan hasil penelitian ini adalah signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-17
How to Cite
Sartika, Y. (2018). HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERNET DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT I KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES RIAU. JURNAL IBU DAN ANAK, 1(2). https://doi.org/10.36929/jia.v1i2.5