HUBUNGAN METODE BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ASKEB I MAHASISWA JURUSAN KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES RIAU

  • Yanti Yanti Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Riau

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya prestasi belajar kognitif mahasiswa pada mata kuliah ASKEB I (Asuhan Kebidanan I) yaitu dari 68 orang mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ASKEB I tidak ada mahasiswa memperoleh nilai > 78,  terdapat 40% mahasiswa yang memiliki prestasi belajar koginitif < 68, 10% memiliki prestasi belajar < 56, dan 10% dengan prestasi belajar < 40. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat hubungan metode belajar dan pengaruh metode belajar dengan prestasi belajar kognitif pada mata kuliah ASKEB I mahasiswa Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Riau tahun 2016.

Penelitian ini menggunakan metode Analitik Korelasi, dengan desain penelitian Cross Sectional. Sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat II yang telah mengikuti mata kuliah ASKEB I, dengan jumlah sasaran sebanyak 40 responden.Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada responden yang dilakukan pada bulan Febuari 2016 di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Riau dan data sekunder diperoleh dengan melihat rekapitulasi nilai ASKEB I (Nilai Teori), data disajikan dalam tabel dan histogram, data diolah dengan pearson corelation, regresi linear dan regresi berganda secara komputerisasi untuk mengetahui hubungan metode belajar dengan prestasi belajar kognitif ASKEB I dan pengaruh metode belajar  terhadap prestasi belajar ASKEB I.

Melalui hasil penelitian diperoleh  metode belajar memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap prestasi belajar ASKEB I dengan nilai r = 0,935 dan pengaruh metode belajar terhadap prestasi belajar ASKEB I sangat berpengaruh positif, dengan pengaruh sebesar 87,5% (R square 0,875) , Oleh karena itu diharapkan kepada semua pihak baik dari tenaga pendidik maupun mahasiswa agar dapat meningkatkan metode belajar dalam rangka meningkatkan prestasi belajar kognitif khususnya pada mata kuliah ASKEB I.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-17
How to Cite
Yanti, Y. (2018). HUBUNGAN METODE BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ASKEB I MAHASISWA JURUSAN KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES RIAU. JURNAL IBU DAN ANAK, 1(2). https://doi.org/10.36929/jia.v1i2.8