HUBUNGAN SIKAP PETUGAS DAN WAKTU TUNGGU TERHADAP INDEKS KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD PURI HUSADA TEMBILAHAN

  • Rida Nelviza
  • Ardenny Ardenny

Abstract

Kepuasan pasien sangat dipengaruhi oleh kualits pelayanan yang diberikan oleh penyedia fasilitas pelayanan. Perhatian terhadap kualitas pelayanan rumah sakit semakin besar seiring dengan terbitnya Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik yang menuntut rumah sakit untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan sesuai standar yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap petugas dan waktu tunggu terhadap indeks kepuasan pasien BPJS di Instalasi Rawat Jalan RSUD Puri Husada Tembilahan. Jenis Penelitian ini bersifat analitik  dengan desain Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan accidental sampling yaitu sebanyak 50 orang. Analisis data yang digunakan adalah univariat (central tendency) dan bivariate (uji chi square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai indeks kepuasan pasien yang berkunjung di instalasi rawat jalan RSUD Puri Husada Tembilahan yaitu 2,7 dengan nilai konversi 67. Artinya Mutu Pelayanan yang diberikan pada pasien termasuk kategori B (baik).  Sebagian besar sikap petugas dalam pelayanan rawat jalan di RSUD Puri Husada Tembilahan adalah positif yaitu sebanyak 26 orang (52%), waktu tunggu dalam mendapatkan pelayanan rawat jalan di RSUD Puri Husada Tembilahan adalah cepat yaitu sebanyak 37 orang (54%), sedangkan hubungan antar variabel di dapatkan data bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara sikap (p=0,008) dan waktu tunggu  (p=0,026). Diharapkan pada pihak rumah sakit  dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai data awal dalam menyusun program kebijakan rumah sakit terhadap layanan bagi masyarakat.

Published
2018-10-09
How to Cite
NelvizaR., & ArdennyA. (2018). HUBUNGAN SIKAP PETUGAS DAN WAKTU TUNGGU TERHADAP INDEKS KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD PURI HUSADA TEMBILAHAN. JONAH : Journal of Nursing and Homecare, 1(1). https://doi.org/10.36929/hcjn.v4i1.20