The Effect Of Health Education On Bullying Knowledge Among Primary School Student
Abstract
Bullying menjadi masalah serius dan sangat berbahaya pada usia sekolah. Cara untuk mengatasi bullying adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan yaitu menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan metode ceramah terhadap pengetahuan bullying pada anak usia sekolah. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 101 Pekanbaru selama 2 hari pada tanggal 19-20 juni 2019. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pre and post test without control. Populasi pada penelitian ini dari kelas 3-5 dengan sampel berjumlah 177 siswa dan menggunakan pengambilan sampel total sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner pengetahuan bullying yang dijadikan alat ukur untuk pengetahuan bullying. Analisis yng digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil penelitin didapatkan nili rat-rta pengetahuan sebelum diberikn pendidikn kesehatan metode ceramah sebanyak 8,64, sedangkan setelah dilakukan pendidikan kesehatan sebanyak 10,28. Hasil uji statistic menunjukkan p value = 0,000 (p<0,05) yang berarti ada pengaruh yang bermakna dari pendidikan kesehatan metode ceramah terhadap pengetahuan bullying pada anak usia sekolah.
References
Desmita. (2010). psikologi perkembangan. bandung: PT Remaja Rosdakaya.
Dewi, D. A. P. I. S. (2014). Gambaran Kejadian dan Karakteristik Bullying Pada Anak Usia Sekolah Dasar Wilayah Puskesmas I Pekutatan Kabupaten Jembrana Bali 2014, 8(1), 1–9.
Dharma, kelana kusuma. (2015). Metodologi Penelitian Keperawatan (Edisi revi). Jakarta: Trans Info Media.
Fitri, D., & Aini, N. (2018). Self Esteem Pada Anak Usia Sekolah Dasar Untuk Pencegahan Kasus Bullying. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 6(April), 36–46.
Kebudayaan, P. D. D. S. P. D. (2018). Jumlah Siswa Menurut Jenis Kelamin dan Status Sekolah Tiap Provinsi. Retrieved from http://statistik.data.kemdikbud.go.id/
KPAI. (2018). Kekerasan Anak di Sekolah Sangat Memprihatinkan. Retrieved from http://www.kpai.go.id/berita/kekerasan-anak-di-sekolah-semakin-memprihatinkan
Lestari, N. D., Hidayati, L. N., & Abadiyah, S. S. (2019). “ Gema Suling ” Gerakan Masyarakat Sekolah Tanggap Bullying dalam Upaya Pencegahan Bullying pada Anak Usia Sekolah, 08(01), 1–4.
Lubis, Z. S. A., Lubis, N. L., & Syahrial, E. (2013). Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Ceramah Dan Diskusi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Anak Tentang Phbs Di Sekolah Dasar Negeri 065014 Kelurahan Namogajah Kecamatan Medan Tuntungan Tahun 2013.
Notoatmodjo. (2010). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sandy, W. (2012). Tingkat pengetahuan tentang keselamatan pada siswa sekolah dasar.
Saraswati, E. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Laki-Laki dan Perempuan Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas III Semester 2 Materi Sudut dan Pecahan di SD negeri Se-Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman.
Saraswati, Y., Suprihatiningsih, T., & Pranowo, S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bullying Dengan Metode Cermah Menggunakan Leaflet Dan LCD Terhadap Sikap Bullying Pelajar SMPN 4 Cilacap. Prosiding Seminar Nasional Dan Diseminasi Peneltitian Kesehatan, (April), 125–128.
Solikhah, D. E. (2015). Pengaruh Buku Saku Gizi Terhadap Tingkat Pengetahuan Gizi Pada Anak Kelas 5 Muhammadiyah Dadapan Desa Wonokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta, 2015.
Sucipto, S. (2016). Bullying dan Upaya Meminimalisasikannya. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1). https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i1.2566
Sufriani, S., & Sari, E. P. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Bullying pada Anak Usia Sekolah di Sekolah Dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 8(3).
Sugmalestari, A. N. (2016). Hubungan Jenis Kelamin Dengan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah di SD Muhammadiyah Mlangi Gamping Sleman Yogyakarta, 1–4.
UNICEF. (2016). Kekerasan Pada Anak: Kini Saatnya Bertindak. Retrieved from https://www.unicef.org/indonesia/id/media_24996.html