EDUKASI PANGAN JAJANAN AMAN PADA SISWA SDN 37 PEKANBARU

  • Sri Mulyani Poltekkes Kemenkes Riau
Keywords: edukasi, pangan jajanan, konsumsi pangan

Abstract

Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) sangat berperan penting dalam pemenuhan asupan energi dan gizi anak usia sekolah yaitu PJAS yang aman, bermutu dan bergizi yang akan sangat menentukan daya saing generasi emas bangsa Indonesia di kancah dunia nantinya.  Gaya hidup dan kebiasaan anak sekolah dalam membeli jajanan sembarangan menjadi penyebab timbulnya masalah gizi pada anak sekolah. Hal ini dapat memberika dampak pada prestasi dan kemampuan belajar siswa di sekolah.  Berdasarkan hal tersebut perlu adanya suatu kegiatan pengabdian masyarakat dalam memberikan pembinaan dan edukasi pada anak sekolah dalam pemilihan pangan jajanan yang aman. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu memberikan edukasi dengan media leaflet dan poster/banner tentang pangan jajanan yang aman melalui kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul“Edukasi Pangan Jajanan Aman pada Siswa SDN 37 Pekanbaru”. Tujuan jangka panjang dalam penelitian ini adalah dapat berkontribusi dalam penanganan masalah gizi yang ada melalui konsumsi pangan jajanan yang aman oleh siswa sekolah. Untuk jangka pendek bertujuan untuk menganalisis gambaran pengetahuan dan sikap anak tentang makanan jajanan dalam memilihan makanan jajanan di SDN 37 Pekanbaru.

Pengabdian masyarakat ini dilakukan dari bulan Januari 2021 s/d Juli 2021 di SDN 37 Pekanbaru kepada siswa dan siswi dengan metode edukasi dan advokasi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan siswi mengenai pemilihan pangan jajanan yang aman dan mengadvokasi pihak sekolah untuk melanjutkan penerapan pemilihan pangan jajanan yang aman pada siswa sekolah.  Hasil pengabdian masyarakat di SDN 37 Pekanbaru menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan siswa dan siswi SDN 37 Pekanbaru terhadap pemilihan pangan jajanan aman setelah diberikan edukasi.  Pengetahuan siswa SDN 37 Pekanbaru sebelum diberikan edukasi kategori baik adalah 13%, meningkat  menjadi 78% setelah diberikan edukasi. Dapat disimpulkan bahwa edukasi dapat meningkatkan pengetahuan pada siswa SDN 47 Pekanbaru  dalam pemilihan pangan jajanan aman.

Published
2022-06-03
How to Cite
Mulyani, S. (2022). EDUKASI PANGAN JAJANAN AMAN PADA SISWA SDN 37 PEKANBARU. PITIMAS: Journal of Community Engagement in Health, 1(1), 15-18. https://doi.org/10.36929/pitimas.v1i1.429