Pemberdayaan Guru dalam Menilai Perkembangan Motorik Kasar, Motorik Halus, Bahasa dan Sosial Pada Anak Usia Pra Sekolah Melalui Pendampingan Terapi Bermain di TK Ibnu Sina Kids Pekanbaru

Tumbuh kembang anak pra sekolah

  • Magdalena Magdalena, SST, S.Kep., M. Kes Poltekkes Kemenkes Riau
Keywords: Terapi Bermain; Perkembangan Motorik Kasar; Motorik Halus; Bahasa dan Sosial

Abstract

Kebutuhan bermain tidak bisa dipisahkan dari dunia anak dan salah satu kebutuhan dasar untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Tahun 2016, TK Ibnu Sina Kids Pekanbaru dijumpai data keterampilan permainan pada anak usia pra sekolah sesuai dengan usianya berjumlah 21 orang anak (95,45%) dan mengalami gangguan (tidak sesuai) dengan usianya berjumlah 1 orang anak (4,55 %) dari 22 orang anak dan  para guru belum pernah melakukan pemeriksaan dengan menggunakan format Denver II dan ketidak tahuan, ketidak pahaman para guru mengenai penilaian dengen menggunakan format Denver II oleh sebab itu dilakukan kegiatan pemberdayaan guru di TK Ibnu Sina Kids Pekanbaru melalui perkembangan motorik kasar, motorik halus, bahasa dan sosial pada anak usia pra sekolah melalui pendampingan terapi bermain. Tujuan Pengabmas untuk meningkatkan pengetahuan guru TK tentang penilaian tumbuh kembang dan pemberdayaan guru dalam menilai perkembangan motorik kasar, motorik halus, bahasa dan sosial pada anak usia pra sekolah melalui pendampingan terapi bermain di TK Ibnu Sina Kids Pekanbaru. Metode pengabdian dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi, dilaksanakan di TK Ibnu Sina Kids Pekanbaru. Hasil pemberdayaan guru TK Ibnu Sina Kids Pekanbaru untuk menilai  perkembangan motorik kasar, halus, bahasa dan social  pada anak usia pra sekolah melalui pendampingn terapi bermain baru 66,67 % yang dapat terlaksana dengan baik sedangkan yang tidak terlaksana dengan baik sebanyak 33,33%. Penilaian pengetahuan sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah sebagian besar mempunyai pengetahuan kurang sebanyak 66,67 % (2 orang) sedangkan setelah diberikan pendidikan kesehatan adalah sebagian besar guru TK Ibnu Sina Kids mempunyai pengetahuan baik sebanyak 66,67 % (2 orang). Saran sebaiknya Guru TK Ibnu Sina Kids dapat menerapkan pemeriksaan tumbuh kembang dengan Formulir DDST

Published
2024-01-16
How to Cite
SST, S.Kep., M. Kes, M. (2024). Pemberdayaan Guru dalam Menilai Perkembangan Motorik Kasar, Motorik Halus, Bahasa dan Sosial Pada Anak Usia Pra Sekolah Melalui Pendampingan Terapi Bermain di TK Ibnu Sina Kids Pekanbaru. PITIMAS: Journal of Community Engagement in Health, 2(3), 104-109. https://doi.org/10.36929/pitimas.v2i3.799