PEMBERDAYAAN KADER MELALUI PELATIHAN KELOMPOK PENDUKUNG ASI ARSYI

  • Yeni Aryani Poltekkes Kemenkes Riau
  • Yola Humaroh Poltekkes Kemenkes Riau
  • Fatiyani Alyensi Poltekkes Kemenkes Riau
Keywords: Pemberdayaan Kader, Pelatihan, KP ASI

Abstract

Kelompok pendukung ASI  (KP ASI) merupakan salah satu intervensi yang efektif untuk meningkatkan praktik pemberian ASI eksklusif. Kader KP ASI memiliki peran penting dalam menyampaikan layanan kesehatan dasar kepada ibu hamil, ibu menyusui dan keluarga yang merupakan bagian integral dalam penyelenggaraan kesehatan di masyarakat. Pengetahuan dan ketrampilan yang baik diperlukan dalam mendukung tugas kader KP ASI. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader KP ASI di Desa Ranah Sengkuang yang berjumlah 25 orang. Pelaksanaan kegiatan pelatihan Kader KP ASI bertempat di Ruang Posyandu Kasih Bunda Desa Ranah Singkuang  pada bulan Februari sampai dengan September 2024. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader dilakukan melalui pelatihan dengan meteode ceramah, demonstrasi, role play dan simulasi.  Berdasarkan hasil evaluasi tingkat pengetahuan pengetahuan ibu kader KP ASI tentang kelancaran ASI, masalah dalam menyusui  dan pijat oksitosin mengalami peningkatan sebesar  5,7 poin, keterampilan kader KP ASI mengalami peningkatan yang signifikan sudah dapat  melakukan teknik pemijatan 100%. pada observai I rata- rata 69,74 dan observasi kedua 100% sudah mampu melakukannya. Disarankan perlu melakukan kerjasama dengan Bidan Penanggung jawab wilayah kerja Puskesmas Puskesmas Air Tiris untuk mengingatkan kembali ibu kader untuk selalu memberikan edukasi kepada ibu menyusui tentang pentingnya pemberian ASI dan upaya memperbanyak ASI.

Published
2024-11-22
How to Cite
AryaniY., HumarohY., & AlyensiF. (2024). PEMBERDAYAAN KADER MELALUI PELATIHAN KELOMPOK PENDUKUNG ASI ARSYI. EBIMA : Jurnal Edukasi Bidan Di Masyarakat, 5(2), 4-7. Retrieved from https://jurnal.pkr.ac.id/index.php/EBIMA/article/view/1008

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>