HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PASANGAN USIA SUBUR TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN PARTISIPASI SUAMI DALAM KELUARGA BERENCANA

  • Fatiyani Alyensi Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Riau
  • Okta Vitriani Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Riau
Keywords: KB, partisipasi suami, Pengetahuan, Sikap

Abstract

Latar belakang. Laki-laki dan perempuan sama haknya untuk memperoleh informasi dan akses yang setara dalam pemenuhan kebutuhan tentang kesehatan reproduksi. Upaya pengembangan kesehatan reproduksi tidak hanya menjadi masalah seseorang saja, tetapi juga menjadi kepedulian keluarga. Masalah kesetaraan gender dan tanggung jawab pria dalam kaitan dengan kesehatan reproduksi dan Keluarga Berencana (KB) merupakan paradigma baru program KB yang lahir dari Kesepakatan Kairo tahun 1994. Salah satu kendala bagi  upaya  meningkatkan  partisipasi  pria  dalam  KB,  adalah  masih  adanya  sikap keliru masyarakat yang cenderung menjadikan perempuan sebagai sasaran dalam masalah reproduksi. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya pengetahuan yang dimiliki keluarga seputar permasalahan kesehatan reproduksi perempuan.

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan sikap pasangan suami isteri tentang masalah kesehatan reproduksi perempuan. Secara khusus penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan  dan sikap pasangan suami isteri tentang masalah kesehatan reproduksi perempuan dengan partisipasi pria dalam KB.

Cara penelitian. Rancangan penelitian ini adalah non eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesams Rejosari dengan populasi Pasangan Usia Subur yang mempunyai anak minimal 1 orang, dan masih menggunakan kontrasepsi. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana.Ujianalisis menggunakan chi square.

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan sikap pasangan usia subur tentang kesehatan reproduksi  tidak berhubungan dengan partisipasi suami dalam ber-KB. (p> 0,05). Diharapkan tenaga kesehatan agar dapat mempromosikan KB pada pria untuk meningkatkan partisipasi suami dalam ber KB.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-18
How to Cite
Alyensi, F., & Vitriani, O. (2020). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PASANGAN USIA SUBUR TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN PARTISIPASI SUAMI DALAM KELUARGA BERENCANA. JURNAL IBU DAN ANAK, 7(2), 104 - 112. https://doi.org/10.36929/jia.v7i2.206