Relationship of Parent’s Knowledge About Toilet Training with the Ability of 1 - 5 Years Agency in Conducting Toilet Training in the Ibnu Sina Kids, Pekanbaru City
Abstract
Di Indonesia diperkirakan jumlah balita mencapai 30% dari 250 juta jiwa penduduk Indonesia. Menurut survei Kesehatan Rumah Tangga Nasional tahun 2012 jumlah balita yang susah mengontrol BAB dan BAK di usia sampai prasekolah mencapai 75 juta anak, Menurut Riset Kesehatan Dasar Anak (Riskesdas, 2010), diperkirakan jumlah balita yang susah mengontrol BAB dan BAK serta BAB dan BAK disembarang tempat sampai usia prasekolah mencapai 46% anak dari jumlah balita yang ada di Indonesia. Fenomena ini dipicu karena banyak hal yaitu pengetahuan orang tua yang kurang tentang cara melatih BAB dan BAK pada saat anak usia toddler, pemakaian diapers atau popok sekali pakai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan orang tua tentang Toilet Training dengan kemampuan anak usia 1 – 5 Tahun dalam melakukan Toilet Training di TK Ibnu Sina Kids Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah orang tua yang mempunyai anak usia 1-5 tahun dengan jumlah sampel 30 orang . Hasil univariat menunjukkan Pengetahuan orang tua anak usia 1 – 5 Tahun di TK Ibnu Sina Kids yaitu pengetahuan Baik sebanyak 19 orang (63.3%), dan kemampuan anak usia 1 – 5 Tahun di TK Ibnu Sina Kids dalam melakukan Toilet Training yaitu tidak mandiri sebanyak 18 orang anak (60,0%). Hasil bivariat menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan orang tua dengan kemampuan anak usia 1 – 5 Tahun dalam melakukan toilet training, hasil uji statistik menunjukkan (P Value=0,018). Ibu perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan agar mengerti dalam mengajari anak khususnya latihan eliminasi, sehingga dapat bersikap positif dalam membimbing tumbuh kembang anak secara baik.
References
Bastiah, H. (2013). Skripsi : Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Kemampuan Toilet Training Anak Usia 1-3 Tahun di Desa Sungai Bulu Singingi Hilir.
Dharma, KK. (2011). Metodelogi Penelitian Keperawatan. Jakarta Timur : Trans Info Media
Firdaus & Rahayu DM. (2013). Jurnal Hubungan Peran Orang Tua dengan Kemampuan Toilet Training pada Anak Usia Toddler. Di Akses Pada Rabu, 08 Februari 2017, 23.37.
Hastono, SP. (2013). Analisis Data Kesehatan. Fakultas kesmas UI
Hidayat, A.Aziz Alimul. (2005). Pengantar ilmu keperawatan anak 1. Jakarta: Salemba Medika
Hidayat, A. (2008). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah.Jakarta : salemba Medika.
___________. (2009).Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Jakarta : Salemba Medika
Imron, M. (2011). Bahan Ajar Mahasiswa Kesehatan Statistika Kesehatan. Jakarta : Sagung Seto
Iryanti & Kamsatun. (2015). Jurnal pengaruh Modul pemberdayaan keluarga tentang toilet training terhadap kemandirian Eliminasi anak di paud. Di akses pada Selasa, 13 September 2016.
Istiqomah. (2013). Jurnal Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Asuh dengan Pelaksanaan Toilet Training Secara Mandiri Pada Anak Usia Toddler Di Tpa Citra Rsu Rajawali Citra Bantul. Diakses pada Rabu, 3 mei 2017.
Lara, R & Sakti, R. (2013). Skripsi : Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Pelaksanaan Toilet Training Secara Mandiri Pada Anak Usia 1 - 3 Tahun Di Paud Tunas Kelapa Desa Tungkaran Pangeran Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2013. Diakses pada Rabu, 14 September 2016.
Lestari, T. (2014). Kumpulan Teori untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.
Mansur, H. (2011). Psikologi Ibu dan Anak untuk Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika
Musfiroh, M & Lukmanawati, B. 2014. Jurnal Kesehatan Masyarakat :Penyuluhan Terhadap Sikap Ibu Dalam Memberikan Toilet Training Pada Anak. Diakses pada Rabu, 14 September 2016, 13.29.24
Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.
_____________. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Nursalam. (2013) . Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak. Jakarta : Salemba Medika.
Pusparini, W & Arifah, S. (2010). Jurnal Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training dengan Perilaku Ibu Dalam Melatih Toilet Training Pada Anak Usia Todler. Diakses pada 16 September 2016, 20:15.
Putra, KD & Jannah, M. (2013). Jurnal Perkembangan Anak Usia Dini (Usia 4-6 Tahun) Di Taman Kanak-Kanak Asssalam Surabaya. Di akses Jum’at, 16 Desember 2016.
Ryanto, A. (2013). Statistik Inferensial Untuk Analisa Data Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika
Safaria, T. (2005) Autisme : pemahaman baru bagi orang Tua untuk hidup bermakna Yogyakarta : Graha Ilmu
Septriani, N., Chairilsyah D. (2012). Jurnal Gambaran Penerapan Toilet Training Orang tua Yang Memiliki Anak Usia 2-3 Tahun Di Education 21 Kulim Di Kota Pekanbaru. Di akses Selasa, 13 Desember 2016, 20.33.29.
Silfitriani, H. (2009). Skripsi UR: Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training Terhadap Pelaksanaannya Pada Anak Usia 18-24 Bulan di Posyandu Mawar Rw 11 Keluaraan Rejosari Kecematan Tenayan Raya.
Supartini, Y. (2012) .Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC
Setiadi. (2013). Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Setyowatih & khasanah. (2012). Jurnal Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Balita (4-5 Tahun) Di Dusun Kernekan Desa Tunggakkecamatan Toroh Kabupaten Grobogan.
Syari, E & Chandra, F. (2014). Jurnal Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Pelaksanaan Toilet Training Pada Anak Usia 1-3 Tahun di Wilayah Kerja Posyandu Desa Kubang Jaya Kabupaten Kampar
Thompson, June. (2003). Pedoman Merawat Balita. jakarta: EGC
Warner, P & Kelly, P. (2007). Mengajari Anak Pergi ke Toilet. Jakarta :Arcan
Wawan & Dewi. (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika
Wong, D.L. Dkk. (2008). Buka Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta: EGC