PENGARUH ISOFLAVON SARI TEMPE KENTAL MANIS TERHADAP PENINGKATAN KADAR ESTRADIOL SERUM PADA IBU PRA MENOPAUSE DI SDN DAN SMPN KECAMATAN SUKAJADI PEKANBARU TAHUN 2016

  • SURYATNI SURYATNI
  • YAN SARTIKA
  • MUKHAMAD ANGWAR

Abstract

Penurunan kadar estradiol pada masa pra menopouse menyebabkan berbagai perubahan pada fisik dan psikis. Perubahan yang dirasakan antara lain perubahan pola mestruasi, hot flush (rasa panas), insomnia, depresi, sakit kepala, nyeri tulang dan vagina kering. Untuk mencegah hal ini maka diupayakan aternatif lain yang lebih bersifat natural yaitu dengan memberikan isoflavon alami. Kedelai mengandung isoflavon, salah satu bahan pangan yang terbuat dari kedelai adalah tempe. Pada tempe terdapat empat jenis isoflavon yaitu daidzein, glisitein dan genistein dan antioksidan faktor II (6,7,4- trihidroksi isoflavon). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh  isoflavon  sari tempe  kental  manis  terhadap peningkatan kadar estradiol serum pada ibu pra menopause di SDN dan SMPN Kecamatan Sukajadi Pekanbaru tahun 2016.

Desain penelitian adalah quasy-eksperimen yang bersifat one group pretest-postest, observasional terhadap 13 orang ibu pra menopause di SDN dan SMPN Kecamatan Sukajadi Pekanbaru, April – November 2016. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Pemeriksaan kadar estradiol dilakukan dilaboratorium Awal Bross Pekanbaru dengan metode Architect Estradiol. Uji normalitas data dengan Shapiro-Wilk, uji pengaruh isoflavon sari tempe kental manis terhadap peningkatan kadar estradiol dengan  menggunakan uji Wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan median kadar estradiol pada pretest adalah 24 (10-114) pg/ml dan median kadar etradiol pada postest adalah 72 (10-191) pg/ml. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian isoflavon sari tempe kental manis terhadap peningkatan kadar estradiol (p= 0,025).

Kesimpulan penelitian ini adalah semakin sering diberikan isoflavon sari tempe kental manis maka semakin tinggi kadar estradiol sehingga dapat mengurangi perubuhan fisik dan psikis pada ibu pra menopause .

Published
2018-10-23
How to Cite
SURYATNI, S., SARTIKA, Y., & ANGWAR, M. (2018). PENGARUH ISOFLAVON SARI TEMPE KENTAL MANIS TERHADAP PENINGKATAN KADAR ESTRADIOL SERUM PADA IBU PRA MENOPAUSE DI SDN DAN SMPN KECAMATAN SUKAJADI PEKANBARU TAHUN 2016. JPK : Jurnal Proteksi Kesehatan, 5(2). https://doi.org/10.36929/jpk.v5i2.60

Most read articles by the same author(s)