EDUKASI PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN KKA DI DESA PANCURAN GADING KABUPATEN KAMPAR

  • Elly Susilawati Poltekkes Kemenkes Riau
  • Yanti Yanti Poltekkes Kemenkes Riau

Abstract

Abstrak

Tumbuh kembang anak di Indonesia masih perlu mendapatkan perhatian serius, Angka keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan masih tinggi yaitu sekitar 5-10% mengalami keterlambatan perkembangan umum. Dua dari 1.000 bayi mengalami gangguan perkembangan motorik dan 3 sampai 6 dari 1.000 bayi juga mengalami gangguan pendengaran serta satu dari 100 anak mempunyai kecerdasan kurang dan keterlambatan bicara Populasi anak di Indonesia menunjukkan sekitar 33% dari total populasi yaitu sekitar 83 juta dan setiap tahunnya jumlah populasi anak akan meningkat (Prastiwi 2019).

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Tri Dharma perguruan tinggi. yang berlokasi di TK Makarti Desa Pancuran Gading Kabupaten Kampar. Sasaran pengabmas adalah Murid TK Makarti yang berjumlah 40 orang dan guru TK yang berjumlah 4 orang. Bentuk pengabmas berupa pemberian edukasi dan penyuluhan, serta intervensi penilaian perkembangan balita menggunakan KKA sebagai pencegahan kejadian stunting.

 

Kata Kunci          : Penilaian, Perkembangan, Anak Usia Dini, KKA

Kepustakaan        : 10 (2018-2023)

Published
2024-02-29
How to Cite
Susilawati, E., & Yanti, Y. (2024). EDUKASI PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN KKA DI DESA PANCURAN GADING KABUPATEN KAMPAR. EBIMA : Jurnal Edukasi Bidan Di Masyarakat, 5(1), 5-7. Retrieved from https://jurnal.pkr.ac.id/index.php/EBIMA/article/view/889

Most read articles by the same author(s)